cerdastekno-sejarah-komputer

Sejarah Singkat Komputer

CerdasTekno.com – Komputer, Sejarah Singkat Komputer, Komputer pertama kali ditemukan sekitar abad ke-19, ketika seorang ahli matematika bernama Charles Babbage mencoba untuk mendesain Mesin Analitikal pada tahun 1822. Desain ini lah yang digunakan sebagai kerangka komputer sampai sekarang.

Pada tahun 1890, Herman Hollerith merancang sebuah sistem yang mampu menghitung hasil sensus AS sekitar pada tahun 1880.

Berkat inovasi tersebut, Hollerith berhasil dapat menghemat biaya anggaran pemerintah sebanyak 5 juta USD, lalu kemudian Hollerith tetap mengembangkan teknologi ini hingga akhirnya sukses mendirikan perusahaan komputer yang sampai saat ini terkenal yaitu IBM.

Awal mula komputer digital mulai dikembangkan sekitar pada tahun 1930. Alan Turing adalah yang pertama kali mengembangkan mesin tersebut. Dia adalah seorang peneliti matematika yang berhasil mengembangkan mesin yang dapat diberi perintah, dan berkat usahanya itu, mesin tersebut kemudian diberi nama Mesin Turing (Turing Machine), adalah sebuah simulasi idenya yang bernama “trial touring”.

Perkembangan komputer terbagi dalam empat generasi:

Generasi Pertama

Pada saat komputer pertama kali digunakan dalam dunia akademi dan militer inilah generasi pertama yaitu pada tahun 1937 disebut Atanasoff-Berry

Dibuat untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan komputer untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Lalu kemudian mesin ENIAC yang dibuat pada tahun 1946 menjadi komputer pertama untuk tujuan umum.

Ketika komputernya dinyalakan untuk pertama kali, komputer generasi ini menggunakan tabung vakum untuk menyimpan data dan ukurannya memakan satu ruangan, sangat besar sekali.

Generasi kedua

Dimulai ketika perangkat elektronik transistor dapat menggantikan tabung vakum, adalah mesin UNIVAC yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 1951 untuk penggunaan komersial.

Baca Juga  Macbook 3 Jutaan (Murah)

Kemudian, pada tahun 1953, IBM memulai bisnis komputernya dengan merilis IBM 650 dan IBM 700, dan berbagai bahasa pemrograman mulai diperkenalkan sehingga komputer mulai ada perangkat memori dan perangkat lunak yang disebut sistem operasi.

Generasi ketiga

Dimulai ketika teknologi perangkat elektronik transistor digantikan menjadi sirkuit terpadu. Komputer mini adalah salah satu inovasi yang signifikan dalam generasi ketiga ini dan mempengaruhi generasi komputer selanjutnya.

Pada saat itu NASA menggunakan komputer generasi ketiga ini untuk melancarkan Program Apollo untuk mempermudah mengendalikan Apollo Command/Service Module.

Digital Equipment Corporation adalah salah satu yang menjadi perusahaan komputer nomor dua di belakang IBM dengan komputer PDP dan VAX-nya. Komputer ini membawa ke pengembangan sistem operasi yang sangat berpengaruh sampai sekarang yaitu Unix.

Generasi keempat

Mulai dikembangkan sekitar pada tahun 1970-an yaitu ketika penemuan MOSFET dan integrasi berskala besar yang membawa ke dunia mikroprosesor pada sekitar awal tahun 1970-an.

Lalu sekarang komputer pribadi dibuat semakin kecil dan simple karena teknologi mikroprosesor mulai berkembang.

Mulai dari komputer rumahan atau desktop disusul dengan teknologi laptop dan smartphone yang sangat canggih yang membawa berbagai perusahaan teknologi ke dalam perang ekonomi dalam dunia smartphone ini.

Sekarang ini perangkat mikroprosesor sudah banyak diproduksi dan banyak diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap peranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection pun akan dilengkapi dengan mikroprosesor.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Komputer Dan Internet

Perkembangan ini memungkinkan orang-orang agar menggunakan komputer, komputer tidak lagi menjadi prioritas perusahaan besar maupun lembaga pemerintah.

Pada pertengahan tahun 1970-an, perusahaan komputer telah menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat luas. Komputer-komputer inilah yang disebut minikomputer (mini PC) yang dijual dengan paket software yang mudah digunakan oleh kalangan awam sekalipun.

Piranti lunak yang paling terkenal pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, disusul dengan video game seperti Atari 2600 yang menarik perhatian pengguna komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram juga.

Pada tahun 1981 IBM telah memperkenalkan PC atau Personal Computer untuk penggunaan di rumah, kantor, maupun di sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982.

Sepuluh tahun kemudian, meningkat menjadi 65 juta PC telah digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas yang disebut laptop, atau bahkan komputer yang dapat digenggam smartpalm.

IBMpun PC bersaing dengan perusahaan besar Apple Macintosh dalam memperebutkan pangsa pasar komputer.

Apple Macintosh menjadi terkenal karena telah mempopulerkan sistem grafis yang baik pada penggunanya, sementara kompetitor lainnya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan peranti mouse.

Perjalanan IBM kemudian dilanjutkan dengan penemuan spesifikasi CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error 0xc00007b di PC

Seiring dengan meningkatnya penggunaan komputer, berbagai cara untuk menggali potensialpun terus dikembangkan berbarengan dengan bertambah kuatnya penggunaan desktop yang dapat dihubungkan secara bersamaan dalam satu jaringan untuk saling berbagi data, informasi, peranti lunak dan untuk saling berkomunikasi antara satu pengguna dengan yang lainnya.

Jaringan komputer ini dapat berbagi komputer tunggal membentuk kerja sama elektronik untuk dapat menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan teknologi perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network) atau dengan teknologi wireless maupun cloud.

Generasi kelima

Walaupun fungsi yang dimilikinya sudah terwujud, beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru kemauan manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asingpun dapat juga menjadi mungkin.

Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekadar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Kemajuan di bidang komputer dan teknologi ini semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.

Kemajuan rekayasa yang paling mencolok adalah kemampuan pemrosesan dalam bentuk paralel yang menggantikan model dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara bersama-sama, kemajuan lainnya adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik agar tanpa ada hambatan yang nantinya dapat mempercepat proses kecepatan informasi yang diinginkan.

Itulah artikel Sejarah Singkat Komputer di dunia, Semoga Bermanfaat.