Cara Buat Bootable Flashdisk Windows

CerdasTekno.com – Komputer, Cara Buat Bootable Flashdisk Windows untuk instal windows saat ini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan flashdisk.

Di era awal-awal muncul sistem operasi windows, kita menggunakan disket dan CD untuk menginstal sistem operasi windows.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, windows membuat file image nya juga menjadi semakin besar kapasitasnya.

Sehingga untuk menginstal sistem operasi windows tidak muat lagi dengan CD yang hanya menampung maksimal 700MB, sedangkan file windows yang dibutuhkan melebihi dari 700 MB.

Jika anda ingin menginstal windows untuk yang terbaru seperti windows 7, windows 8 mungkin masih bisa menggunakan DVD yang bisa memuat image windows dengan kapasitas maksimal 4,7 GB

Akan tetapi gadget sekarang yaitu laptop-laptop terbaru sudah tidak menyertakan lagi perangkat DVD R/W, oleh karena itu untuk menginstalnya kita dapat menggunakan Flashdisk.

Windows pun mengalami pembaruan dengan Sistem Operasi nya, saat ini yang banyak digunakan adalah windows 10 dan terakhir perusahaan Microsoft telah meluncurkan Windows 11

Baca Juga  Pengertian Jaringan Komputer Dan Internet

Persiapan Menginstal Windows Dengan Flashdisk

Flashdisk

Pertama, tentunya kita harus mempersiapkan Flashdisk dengan kapasitas ukuran sesuai kebutuhan, minimal kapasitas 8GB atau 16GB sudah sangat cukup untuk menyiapkan file image (ISO) windows

File Image ISO windows

Kedua, pastikan anda sudah mendownload atau mempersiapkan file image windows yang ingin anda instal

Aplikasi Rufus

Ketiga, download aplikasi pihak ketiga, anda bisa menggunakan “rufus” untuk membuat flashdisk anda menjadi bootable. anda bisa langsung mendownload di situs officialnya di https://rufus.ie/ pilihlah versi yang terbaru.

Kenapa Harus Rufus?

Sebenarnya ada beberapa pilihan aplikasi untuk membuat flashdisk menjadi bootable seperi Unetbootin, Universal USB installer dan tools lainnya.

Rufus adalah alat atau aplikasi yang dapat membantu anda untuk memformat dan membuat perangkat drive anda menjadi bootable, seperti usb flashdisk, kartu memori, dll.

Rufus sangat berguna untuk kasus-kasus tertentu jika:

  • Anda ingin membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.)
  • Anda ingin bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
  • Anda ingin melakukan flash BIOS atau firmware lain dari DOS
  • Anda ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah lainnya.
Baca Juga  Cara Hapus Cache Laptop Pada Windows 7, 8, 10

Meskipun ukurannya kecil, Rufus menyediakan kemudahan untuk semua yang Anda butuhkan