Cara Mempercepat Kerja PC atau Laptop

CerdasTekno.com – Komputer, Cara Mempercepat Kerja PC atau Laptop, Kecepatan PC atau laptop sangat dipengaruhi oleh banyak komponen utama, diantaranya Prosesor yang digunakan, RAM, GPU dan HardDrive.

Semakin baik spesifikasinya maka semakin cepat laptop, PC atau komputer dapat menyelesaikan suatu pekerjaan. Silahkan baca artikel kami sebelumnya tentang Spek PC gaming murah di sini 

Anda harus meningkatkan spesifikasi dengan meng upgrade setiap komponen jika ingin meningkatkan kinerja perangkat agar lebih ringan dan cepat.

Namun hal itu akan menguras uang anda. Oleh karena itu ada  sedikit metode, tip dan trik untuk mempercepat kerja PC/komputer atau laptop anda yang berjalan di sistem operasi windows.

Team CerdasTekno selalu menerapkan prosedur Cara Mempercepat Kerja PC atau Laptop ini jika kinerja di laptop atau komputer kami mulai menurun, dan itu cukup mudah dilakukan.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut, cara mempercepat kerja PC atau Laptop.

1. Hapus program (Uninstall)  software atau aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Lebih banyak aplikasi artinya lebih banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan di hardisk anda. Program yang berjalan di latar belakang yang mungkin menghabiskan banyak memori atau daya pemrosesan.

Baca Juga  Cek Garansi Laptop ASUS, HP, MSI, ACER Secara Online

Dengan menguninstall aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan adalah salah satu keputusan yang tepat untuk memulai.

Software dapat diunduh dan diinstal lagi kapan saja jika suatu saat anda memerlukannya lagi.

2. Matikan proses yang berjalan di latar belakang.

Ini juga berdampak signifikan pada kinerja perangkat anda. Semakin banyak proses aplikasi yang beroperasi di latar belakang, semakin lambat kecepatan pemrosesan laptop/komputer anda.

Anda dapat mengetahui berapa banyak proses yang berjalan dengan menekan tombol keyboard ctrl+alt+del pada laptop/komputer anda, di menu Task Manager > Processes > Background Processes dan melihat jumlah proses di sana.

Anda dapat mematikan aplikasi yang menurut anda sedang tidak dijalankan dengan klik aplikasi tersebut dan klik end task.

Namun, Anda harus memastikan aplikasi yang ingin anda matikan bukan salah satu dari system penting dari windows yang apabila dimatikan justru windows anda akan berjalan tidak normal.

 

3. Hapus file yang tidak diperlukan dan file sampah dari sistem Anda.

Hapus File-file di Recycle bin ini dan juga file yang disimpan di Disk Lokal C yang sudah tidak digunakan, karena sistem berada di drive tersebut.

Baca Juga  Laptop murah tapi bagus

Pastikan bahwa file yang ingin Anda hapus tidak lagi digunakan sebelum Anda melanjutkan.

Selain menghilangkan file yang tidak perlu, anda juga bisa cadangkan data besar yang tidak lagi anda perlukan di laptop dengan menggunakan layanan Google Drive cukup masuk dengan akun google anda dan upload file yang ingin anda cadangkan.

4. Gunakan antivirus yang ringan untuk menscan.

Virus komputer juga dapat berdampak negatif yang dapat memperlambat kinerja CPU laptop/komputer anda.

Untuk menjaga keamanan komputer Anda, gunakan antivirus ringan seperti Smadav (hanya untuk keamanan lapis kedua) atau Microsoft Windows Defender.

Laptop anda akan nyaman dan cepat jika anda sering scan file terutama apabila anda memasang flashdisk, kebanyakan virus didapat dari flashdisk yang sering di pasang di beberapa laptop/PC.

5. Gunakan CCleaner untuk membersihkan PC Anda

CerdasTekno tidak mencoba untuk mempromosikan, tetapi berdasarkan pengalaman kami pikir software CCleaner adalah salah satu sogtware wajib di laptop/komputer anda.

Program ini dirancang untuk secara otomatis menghapus file yang tidak lagi Anda perlukan dari cache browser Anda.

Baca Juga  Cara Instal DirectX di PC Windows 7,8,10

Namun, anda juga memiliki opsi untuk tidak menghapus beberapa file di pengaturan. Program ini langsung dapat digunakan.

Versi uji coba / trial juga tersedia. Membersihkan sistem, file, dan registrasi dengan CCleaner dapat membantu mempercepat proses kinerja laptop atau PC Anda.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak Cara Mempercepat Kerja PC atau Laptop anda, namun langkah-langkah diatas seharusnya sudah cukup untuk mempercepat kinerja PC/laptop anda selama hardware atau komponen utama perangkat anda tidak bermasalah. Semoga Bermanfaat.

Pencarian Terbaru:

Cara Mempercepat Kerja Laptop - Cara Mempercepat Kerja Laptop, Cara Mempercepat Kerja Pc, Mempercepat Kinerja Laptop, Mempercepat Kinerja Pc, Mempercercepat Kerja Windows - Cara Mempercepat Kerja Pc - Mempercepat Kinerja Laptop - Mempercepat Kinerja Pc - Mempercercepat Kerja Windows -